Dengan semakin berkembangnya teknologi dewasa ini maka semakin banyak metode yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Salah satunya yaitu permasalahan kemacetan lalu lintas pada perempatan jalan akibat tidak seimbangnya jumlah kendaraan pada masing-masing ruas jalan, sedangkan setting waktu yang digunakan pada masing-masing ruas jalan tersebut diatur dengan timing yang sama.

Salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah pengukuran kebisingan kepadatan lalu lintas untuk mengatur lampu lalu lintas pada ruas-ruas perempatan jalan sehingga pengaturannya bersifat adaptif, dapat menyesuaikan kondisi sesuai kepadatan lalu lintas.

Melalui deteksi kebisingan sebagai sensor masukan akan diperoleh keluaran yang akan memberikan sejumlah waktu tertentu pada lampu hijau untuk menyala dengan batas ambang kebisingan yang telah ditentukan berdasarkan penelitian, serta batas maksimum nyala lampu hijau yang telah ditentukan melalui pengaturan pewaktu (timer).

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan sistem ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat mengurangi kemacetan arus lalu lintas khususnya pada perempatan jalan sehingga dapat pula menyebabkan berkurangnya polusi udara akibat asap kendaraan dan berkurangnya pula penggunaan bahan bakar minyak bagi kendaraan.

sumber : http://getskripsi.com/2009/01/model-deteksi-kepadatan-lalu-lintas-dengan-mengukur-kebisingan-untuk-menentukan-lama-lampu-hijau-menyala-pada-masing-masing-ruas-perempatan-jalan/