Nama : Ade Sanjaya
NPM : 10108050
Kelas : 3ka09

1.1 Latar Belakang Masalah
Internet saat ini sudah sangat merebah disegala aspek, dimulai dari aspek ekonomi, sosial, perdagangan dan pemerintahan. Seperti yang kita ketahui saat ini internet juga merupakan salah satu media promosi dalam dunia perdagangan, oleh sebab itu penulis akan membuat suatu aplikasi yang berbentuk web distro penjulan pakaian dan aksesoris secara online.
Penjualan produk distro saat ini banyak diperdagangkan melalui toko-toko distro atau distributor setempat, dengan demikian cara tersebut dapat dikatakan sebagai proses penjualan secara konvensional, terbatasnya jaringan wilayah penjualan, sedikitnya hasil pendapatan. Dengan melihat kondisi tersebut maka penulis ingin membuat suatu aplikasi yang berbentuk website sehingga dapat mempermudah proses penjualan dan pembelian produk distro tanpa harus datang ketempat produk tersebut dijual.
Software yang digunakan dalam pembuatan website distro penjualan ini adalah PHP yang diterjemahkan dengan Notpad++ dan MYSQL sebagai databasenya, yang merupakan software bahasa pemrograman open source yang memiliki fungsi cukup lengkap, selain itu dipilih karena software tersebut merupakan software yang memiliki kebutuhan kapasitas berukuran kecil yang dapat digunakan dengan lancar dan bahasa yang digunakanpun mudah dimengerti oleh user.

1.2 Ruang Lingkup Masalah
Dalam penulisan ini, pembuatan website distro penjualan disediakan fasilitas-fasilitas seperti pendaftaran angota untuk melakukan pembelian, dimana pembelian tersebut menggunaka sistem e-voucher, informasi produk-produk, informasi profil kami, forum untuk user, guestbook yang berisi pesan, informasi jumlah pengunjung

1.3 Tujuan Penulisan
Penulis bertujuan utuk memudahkan pembeli dalam membeli barang, memilih, memesan, dan dalam hal pembayaran. Dengan menggunakan website ini, pihak distropun mendapatkan keuntungan seperti memperluas wilayah jaringan penjualan, memperbanyak jumlah pelanggan dan meningkatkan hasil pendapatan.
1.4 Metode Penelitian
Tahap awal dalam melakukan pembuatan website ini, yaitu dengan mengumpulkan informasi yang menunjang perancangan web dari buku-buku dan internet. Tahap selanjutnya pembuatan web diawali dengan perancangan struktur navigasi administrator, perancangan struktur navigasi user, dan dilanjutkan dengan merancang tampilan halaman user dan administrator, serta database. Selanjutnya adalah tahapan implementasi yaitu dengan merancang design halaman administrator dan user setelah itu tahapan mengupload website ke media internet.
Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
 XAMPP 2.5
 Adobe Photoshop CS 3
 PHP Versi 5.0
 Microsoft Windows XP profesional versi 2002 Service Pack 2
 Mozilla 3.12

Adapun Hardware yang digunakan adalah PC Pentiun IV dengan spesifikasi adalah :
 Motherboard ASROCK P4VM800
 Intel Pentium 4 (3.0 Ghz)
 RAM DDR1 1 GB
 Hardisk 320 GB
 LCD 17” WXGA dengan resolusi 1280 x 768 (32 bit) (60Hz)

1.5 Sistematika Tulisan Ilmiah
Penulis membagi penulisan ini dalam empat Bab. Adapun sistematika penulisannya sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Menjelaskan secara singkat latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, batasan penelitian, metode penelitian yang digunakan dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Berisi beberapa landasan teori yang menerangkan teori mengenai konsep program PHP dan MYSQL yang berhubungan dengan penulisan ini.
BAB III : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
berisi tentang tahapan-tahapan pembuatan terdiri dari tahapan perancangan tampilan website, tahapan pengkodingan website menggunakan PHP dan MYSQL, dan implementasi dari pembuatan web.
BAB IV : PENUTUP
Berisi kesimpulan dari semua bab yang telah disajikan serta saran-saran yang dapat memberikan manfaat